Thursday, June 23, 2011

PMUN 2011

hey udah lama nggak main ke blog! uuuu maaf ya menelantarkanmu blogku sayang :* haha
by the way, karena udah lamaaaaa banget ga main ke blog, jadi ada super banyak cerita yang mau aku share disini. but it seems like i'll need to choose one or two only so uhm, i prefer to tell you guys about my experience in PMUN 2011.

first of all, you're gonna gimme a question like: What is PMUN 2011, right?

okay lets just start it. PMUN 2011 itu singkatan dari Parahyangan Model United Nations 2011. ini adalah acara simulasi sidang PBB (yep, Perserikatan Bangsa-Bangsa!) yang diselenggarakan sama FISIP-HI Universitas Parahyangan. fokusnya ajang ini tentunya buat anak-anak SMA dari seluruh Indonesia yang pengen belajar jadi diplomat :)

naah, karena cewek ABG pengidap buleholic ini suka politik apalagi soal luar negeri-luar negeri-an, akhirnya aku mutusin buat ikutan acara ini. tapi tiap delegasi kudu beranggotakan 3 orang, akhirnya aku ngajakin 2 lagi temen (yang bagusnya mereka anak IPS) sama 1 guru pendamping (Miss Nila, yang cantik tapi pinter banget) buat berangkat ke Unpar, Bandung.

alhamdulillah kita cukup antusias sama acara ini, jadi kita semangat berjuang ngurusin dananya, bikin post paper, dll dkk. kita juga keluar duit banyak anyway xD tapi gapapalah, namanya pengalaman kan gabisa dibeli gitu aja :D

kita berangkat naik kereta api dari Malang, tanggal 29 April pas nikahannya Prince William (sedih ga nonton T.T). sebenernya acara mulai tanggal 1 Mei, tapi kita ga mungkin kan berangkat mepet-mepet. nah, pas hari pertama acara itu ya, kita excited banget! ada orang-orang dari Kementerian Luar Negeri (semoga nanti bisa kerja disana amin!!!) yang ngasih pengarahan juga. keren!

tanggal 2-nya, dimulailah acara intinya. simulasi sidang PBB. pake bahasa inggris ._. taun ini tema yang diambil yaitu soal endemi HIV/AIDS yang melanda banyak negara. ga cuma di Afrika aja, tapi juga mulai merambah ke Amerika, Asia, bahkan Eropa. kebetulan delegasi kita kebagian peran jadi delegasi dari Belanda. jadi kita kudu tau banyak soal kehidupan di Belanda yang berhubungan sama HIV/AIDS.

TERNYATA CUKUP MENCENGANGKAN SAUDARA-SAUDARA.

dari aktivitas free sex yang tinggi, banyaknya jumlah homoseks, sama penggunaan drugs yang termasuk bebas, populasi penduduk yang terjangkit HIV/AIDS di Belanda cuma sedikiiiiiiit banget. sekitar 0,2 % aja kalo ga salah. hebat kan? mereka punya sistem monitoring HIV/AIDS, jadi pemerintahnya bener-bener memonitor penduduk biar jauh dari HIV/AIDS. keren ya?

nuff sayin. oya pas tanggal 2 itu, acara diadakan di Gedung KAA. thats the point! aku udah pengen kesana dari kecil dan akhirnya kesampean :) kita diperlakukan kayak diplomat beneran loh selama sidang. terus kita ngelobby negara-negara lain gitu buat bikin solution paper yang sekiranya bisa ngatasin endemi ini. seru! sidang jadi kebagi 2 blok, negara berkembang sama negara maju yang semuanya sama-sama punya great solutions :D

malemnya, kita table manner course di Hotel Savoy Homann, tempat nginep para delegasi KAA 56 tahun yang lalu. aaaa seneng! makannya enak :D terus malem itu juga pertama kalinya aku dandan pake dress semi-tutu, high heels, sama bawa clutch. feel like a lady lolol. soalnya aku kan jarang dandan gitu, paling banter pake legging hahaha.

besoknya kita jalan-jalan bareng muter-muter kota Bandung. shopping time! :D berhubung ga sama ortu jadinya bingung mau beli apaan. waktu yang terbatas juga bikin bingung -___- hehe. but it was a great great experience! we met a lot of new friends, more knowledge, etc etc etc yang bener-bener berkesaaaaaan banget. jadi diplomat ternyata ga gampang hehe. tapi itu juga yang bikin aku tambah mantep sama cita-citaku buat jadi diplomat. semoga kesampean deh suatu hari nanti. amiiiiiiin :)

delegasi Belanda! hehe

bendera Jerman. ah pengen banget kesana.

32 delegasi PMUN 2011 :)

0 comments:

Post a Comment

 

alienajeng's! Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template